top of page
Search
  • mnonenumber13

Tanaman Tertua Di Dunia

Updated: Jun 10, 2019

5 Tanaman Paling tua di Dunia

Caltrop air (kacang kerbau, kacang kelelawar, polong setan, kacang ling, lin kok, kacang ling kio, kacang kumis atau singhada) merupakan tanaman air terapung yang gampang dikenali dari buah hiasannya, yang memiliki kandungan biji yang dapat dikonsumsi. Fosil caltrop air paling tua yang didapati datang dari Cretaceous Alaska (di antara 145 - 66 juta tahun waktu lalu) serta sekarang ini cuma ada tiga spesies yang ada.


Tergantung di bagian dunia mana tempatnya, caltrop air merupakan spesies invasif atau spesies yang terancam punah. Caltrop air khususnya disaksikan jadi invasif di Amerika Utara sebab satu hektar tanaman bisa menjadi 100 hektar cuma dalam satu tahun. Walau caltrop air bisa dikonsumsi serta sudah dipakai oleh beberapa budaya sepanjang beberapa ribu tahun, beberapa petinggi malas mengatakan jika tanaman itu bisa dikonsumsi sebab dengan gampang ambil beberapa logam beracun.

5. Pinus Payung Jepang (Sciadopitys)

Pinus payung Jepang ( dimaksud koyamaki atau Sciadopitys verticillata) merupakan pohon konifera kuno asli Jepang. Ini merupakan hanya satu spesies hidup dalam keluarga Sciadopityaceae serta pinus payung Jepang sudah ada pada catatan fosil sepanjang seputar 230 juta tahun. Pinus payung Jepang merupakan pohon konifer yang unik serta tidak mempunyai kerabat dekat.


Pinus payung Jepang tumbuh perlahan-lahan, yang bermakna perlu waktu lama untuk menumbuhkan anak pohon yang lumayan besar untuk di jual. Sebab ini, pinus payung Jepang mahal, langka, serta begitu dicari untuk lansekap. Di Jepang, pohon itu dimaksud koyamaki serta adalah satu dari lima pohon keramat di negara itu.


4. Sikas

Fosil-fosil sikas datang dari sekurang-kurangnya permian awal (seputar 280 juta tahun waktu lalu) tapi ada banyak perbincangan tentang fosil-fosil yang lebih tua yang mungkin datang dari Carboniferous seputar 100 juta tahun sebelum Permian. Cycads merupakan gymnospermae, yang bermakna benihnya terkena, serta gampang dikenali oleh biji besar yang tumbuh dari mahkota tanaman.


Tidak hanya jadi satu diantara tanaman paling kuno, sikas adalah tanaman yang paling lama hidup - mereka tumbuh begitu lamban serta bisa hidup sampai 1.000 tahun. Sebab penampilannya yang berlainan, sikas seringkali dipakai jadi taman hias serta tanaman rumah kaca dan untuk bonsai.


3. Ekor Kuda (Equisetum)

Ekor kuda atau Equisetum merupakan hanya satu genus yang hidup di semua kelas tanaman Equisetopsida. Pada satu titik ada sebagian besar serta beberapa tanaman Equisetopsida tapi cuma seputar 20 spesies ekor kuda yang bertahan hidup ini hari. Ekor kuda begitu kuno hingga mereka berlainan dari semua tanaman vaskular tanpa ada biji yang lain.


Ekor kuda bisa diketemukan di penjuru dunia khususnya di wilayah basah. Walau beberapa orang memandang ekor kuda jadi gulma, beberapa budaya memakai tanaman untuk makanan serta obat-obatan. Ini dikonsumsi oleh hewan yang sedang merumput, tapi beberapa spesies ekor kuda dapat beracun buat hewan-hewan ini bila dikonsumsi dalam periode waktu yang lama.


2. Agathis

Agathis (biasa dimaksud kauri atau dammar) merupakan pohon konifer kuno yang datang dari masa Carboniferous (358.9 - 298.9 juta tahun waktu lalu). Beberapa spesies agathis yang masih ada di dunia merupakan hanya satu anggota yang masih ada dari keluarga pohon Araucariaceae, yang sejumlah besar lenyap sepanjang momen kepunahan massal yang sama yang menghancurkan dinosaurus.


Sekarang ini ada seputar 22 spesies agati yang di terima khususnya di Belahan Bumi Selatan serta Asia Tenggara di beberapa negara seperti Australia, Selandia Baru, Nugini, Malaysia, serta Kalimantan. Pohon agathis yang telah dewasa populer sebab batangnya yang besar yang mempunyai cabang amat sedikit dibawah mahkota. Benih dari beberapa pohon agathis dikonsumsi oleh ulat dari genus Agathiphaga ( dimaksud ngengat kauri), yang disebut spesies ngengat yang paling primitif.


1. Lumut

Lumut merupakan tanaman paling tua di dunia dengan nenek moyang tanaman yang hidup seputar 470 juta tahun waktu lalu. Sebab karakter lumut yang lembut serta ringkih, keberadaannya dalam catatan fosil hanya terbatas. Beberapa fosil lumut paling tua yang tentu datang dari periode Carboniferous (358,9 - 298,9 juta tahun kemarin) tapi ada bukti yang tunjukkan jika lumut ada jauh lebih dini.


Ada seputar 12.000 spesies lumut berlainan yang hidup di beberapa habitat di penjuru dunia. Seperti banyak spesies tanaman purba, lumut tidak membuahkan biji serta menebar lewat pelepasan spora.



16 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page